3 Hari 2 Malam di Lampung, Libur Kilat Versi Aul

22:35

Ide Libur Kilat: 3 Hari 2 Malam di Lampung

Libur sekolah sudah dimulai nih! Beberapa orang sudah siap-siap pengajuan cuti biar bisa liburan bareng anaknya. Kalau pengajuan cutinya ditolak gimana ceritanya? Cobain libur kilat 3 hari 2 malam di Lampung yuk. Kebetulan di tanggal 25-27 Juni 2024 lalu aku dan keluargaku pergi liburan ke Lampung buat melepas penat sekaligus biar bocil di rumah gak terlalu bosen karena liburan panjangnya. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kalian yang ingin liburan tapi gak bisa ngajuin libur terlalu banyak.

HARI PERTAMA : Perjalanan Menuju Lampung

Sebagai catatan, domisiliku di Kota Palembang jadi keberangkatan kami mulai dari Palembang. Perjalanan kali ini kami menggunakan jalur darat melewati jalan tol trans sumatera. Sekitar pukul 09.00 WIB kami memulai perjalanan dari Gerbang Tol Keramasan. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 5 jam dengan 2x stop di Rest Area. Sekedar info, saat mulai masuk Gerbang Tol Keramasan hingga Gerbang Tol Kayu Agung Utama, harap berhati-hati ketika berkendaraan karena banyak jalan yang bolong-bolong terlebih di lajur kiri. Setelah melewati Gerbang Tol Kayu Agung Utama, jalan berlubang tidak separah di jalan sebelumnya. Kalau bicara mengenai Rest Area, menurutku fasilitas lumayan lengkaplah, ada tempat makan, isi bensin, dan Musala. Tapi, jujur, toiletnya tipikal toilet umum yang dominan pesing dan sedikit tidak terurus. Mudah-mudahan fasilitas umum ini bisa ditingkatkan higienitasnya. Oiya, liburan kali ini seluruhnya mengandalkan kepercayaan kepada Google Maps ya! Kami keluar di Exit Tol Natar Lampung di KM96 dan menuju ke Hotel untuk check-in.

Ide Libur Kilat: 3 Hari 2 Malam di Lampung

Konsep libur kali ini tidak terlalu mengusung low budget, jadi kami mencoba menginap di Hotel Grand Mercure Lampung. Yang paling kusuka dari hotel bintang lima ini adalah lebar kasurnya hehehe kami memesan kamar dengan tipe kasur super king size bed. Jujur kasur ini bisa muat 4 orang, jadi kami hanya memesan 1 kamar saja, tinggal tambahan 2 breakfast saja diluar dari paket. Merupakan salah satu gedung tertinggi di Lampung, dari Lobby lantai 5 pun kita bisa melihat pemandangan laut, pemandangan bukit, dan pemandangan kota sekaligus. Lobby pun dipasang banyak kaca, jadi berasa menyaksikan pemandangan Lampung 360 derajat.

Kami istirahat sebentar dan setelah sholat Magrib kami keluar untuk makan malam. Makan malam kali ini kami berkunjung ke Hoffmann Lane. Bila Mei lalu kami datang saat makan siang, kali ini kami mau mencoba suasana makan malam disini. Kurang lebih ini ulasanku untuk tiap menunya. Setelah makan malam, kami langsung ke Hotel dan beristirahat.

Hoffmann Lane

Jl. KS Tubun No. 27, Rw. Laut, Kec. Tanjungkarang Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung

• Chicken Salt Papper (8,7/10)
    • Tipikal ayam cripy yang ditabur potongan cabe dan bawang. Rasanya apapun yang crispy dengan topping salt papper tidak pernah mengecewakan sih. Terlebih mereka pakai bagian sayap dan paha ayam. Wajib dipesan!
  • Chicken Teriyaki (7/10)
    • Rasanya enak, tapi sayang sausnya menurutku terlalu asin, untunglah minta sausnya dipisah. Oiya, bisa request kematangan telur, jadi yang suka 1/2 matang bisa banget request ke kakaknya
  • Nasi Ayam Sambal Matah (9/10)
    • Sepertinya rangkaian rice bowl mereka wajib di pesan sih. Nasinya hangat, porsi ayamnya jumbo, sambelnya banyak, plus telur dan bayam crispy lagi. Waktu itu pernah pesan yang chicken salted egg dan ayam sambel geprek dan semua semuanya menurutku enak.
  • Crispy Pizza Marshmallow (7/10)
    • Pizza dengan topping marshmallow, potongan strawberry, dan coklat. Enak, tapi menurutku biasa aja.
  • Loco Moco (6,5/10)
    • Kalau dilihat dari ulasan, ini makanan yang paling sering dipesen orang. Sebenernya rasanya enak, tapi aku lagi apes aja kayaknya :" nasinya agak keras, patty gak juicy, masih ketolong dengan sausnya. Mudah-mudahan ada perbaikan sih, sayang banget ini harusnya enak tapi karena nasi dan patty-nya agak keras jadi mengurangi penilaian dariku :"
  • Ramuan Hoffmann (9,5/10)
    • Wajib dipesan! Aku rekomendasi yang iced ramuan hoffmann. Rempah yang seharusnya bikin hangat, karena minumannya dingin, jadinya pas diteguk ada sensasi segar.
  • Iced Ginger Orange (8,8/10)
    • Paduan jeruk dan jahe, sama dengan ice ramuan hoffmann, ini bikin seger tenggorokan.

HARI KEDUA: Main ke Pantai Marina dan Rio by The Beach
Ide Libur Kilat 3 hari 2 malam di Lampung

Hari kedua ini sengaja diisi dengan bermain ke Pantai. Kebetulan Pantai Marina dan Rio by The Beach ini satu arah, jadi tidak ada salahnya untuk main ke dua tempat dalam satu hari. Perjalanan dimulai dari masuk tol di Gerbang Tol Kota Baru dan keluar di Gerbang Tol Sidomulyo KM38. Setelah mengikuti jalan keluar tol, nanti ada simpang tiga, kita belok kiri. Jalan terus sedikit nanti disebelah kanan ada Gapura yang bertuliskan "Pantai Marina". Ikuti aja jalannya, sekitar 30 menit waktu tempuhnya. Sebenarnya kita bisa langsung ke Rio by the Beach dulu, tapi kami memutuskan untuk ke Pantai Marina terlebih dahulu. Jadi lanjut jalan terus sampai ketemu petunjuk arah warna biru yang artinya sebentar lagi kita bakal sampai di Pantai Marina.

Wah, menurutku wajar sih orang Palembang kalo liburan ke Lampung pasti mampir ke Pantai Marina. Baru masuk dari pintu masuk aja sudah kelihatan warna laut yang biru jernih, makin turun ke bawah makin terpesona dengan batu karangnya yang super cantik. Beruntung kami datang saat cuaca cerah, jadi semua hasil foto sangat sangat sangat indah. Disini ombaknya cukup tinggi jadi ada larangan untuk berenang atau berjalan di bibir pantai yang tidak ada pengawasan penjaga pantai. Fasilitas cukup lengkap, ada toilet, tempat makan, musala. Disediakan sewa pondokan juga, tapi kalau mau yang gratis bisa duduk di Lumos Hall dekat kantin Ala Santorini. Sedikit info buat kalian yang ada rencana bawa orang tua nih. Toilet dan musalanya harus naik tangga yang (menurutku) cukup banyak. Untuk sholat lebih baik sudah menyiapkan alat sholat di mobil, jadi orang tua bisa sholat di dalam mobil saja. Untuk toilet, kalian bisa pilih toilet yang lokasinya ada di sebelah Lumos Hall, tepatnya dibelakang orang jual dogan. Tangganya ga terlalu tinggi jadi masih bisa dicapailah.

Ide Libur Kilat: 3 Hari 2 Malam di Lampung

Setelah dzuhur, kami lanjut menuju Rio by the Beach. Hampir sama dengan Pantai Kalianda, lokasi Pantainya kudu turun ke bawah dulu. Bedanya kalau di Marina kita bisa parkir di bawah, kalau Rio by the Beach, kita turun ke bawah dengan berjalan kaki. Tapi jangan khawatir, manajemennya menyediakan mobil antar jemput khusus anak-anak dan orang tua untuk turun ke bawah. Sebagai orang yang tidak dapat privilege mobil antar jemput (kwkwkw), jalan turun ke bawah masih bisa aman kok, cuma lumayan megap megap pas pulang naik ke atasnya.

Berbeda dengan Pantai Marina, disini pengunjung bisa berenang dan tentunya hanya sampai batas yang telah diberi tanda. Jangan jauh dari jangkauan penjaga pantai yak! Pondokan tempat makannya belum banyak, tapi menurutku lebih variatif. Buat yang suka main voli, disini ada disediakan lapangannya. Karena kami tiba di siang hari, jadi mataharinya lumayan terik. Rekomenku lebih baik ke sini dulu baru ke Pantai Marina. Tapi kalau kalian ngejer sunset kayaknya bisa dateng agak sorean lagi ke sini.

Kami mulai beranjak pulang pukul 14.00 WIB dan sampai hotel sekitar pukul 16.30 WIB. Menyempatkan waktu untuk membeli oleh-oleh terlebih dahulu biar besok tinggal pulang aja. Cukup nyebrang dari hotel kita sudah sampai di Hai-Toms Toko Oleh-Oleh Khas Lampung. Parkiran disini cukup luas jadi gak perlu khawatir sama parkiran. Kalau ke Lampung jangan lupa beli keripik pisang dan kopi robusta khas Lampung. Terutama kopinya ya, buat lambung gembel seperti lambungku, rasanya pas sih, gak bikin asam lambung naik.

Setelah puas belanja oleh-oleh, kami memutuskan makan di Bakso Son Haji Sony yang gak jauh dari Hai-Toms. Tekstur baksonya itu tekstur favorit aku, tapi masih kemusuhan dengan kuahnya, maklum bukan pecinta kuah dengan lada yang dominan. Setelah makan, kami kembali ke Hotel dan beristirahat.

HARI KETIGA : Bersantai di Hotel dan kembali ke Palembang
Ide Libur Kilat: 3 Hari 2 Malam di Lampung

Hari terakhir di Lampung kami memilih untuk bersantai di Hotel. Ngomong-ngomong tentang sarapan hotel, menurutku rasanya enak. Bukan yang terbaik, tapi menurutku sudah lebih dari cukup. Makanannya bervariasi, tapi dominan makanan nusantara. Yang paling aku suka itu mereka punya aneka sambal yang bisa kalian pilih. Kalo aku mah ambil satu sendok tiap variasinya hehehe

Setelah sarapan, kami ke kamar sebentar terus siap-siap berenang di kolam renangnya. Airnya dingin banget :" mungkin karena letaknya di atas dan outdoor jadi anginnya lumayan kencang. Ruang bilasnya bersih dan disediakan peminjaman handuk. Setelah berenang kami check out dari hotel dan kembali ke Palembang.

Liburan kilat versi Aul akhirnya selesai dan besok sudah mulai kembali ke rutinitas biasa. Berikut biaya yang dikeluarkan selama liburan:
  • Biaya tol Palembang (GT Keramasan) - Lampung (Exit GT Natar) : Rp280.000
  • Biaya tol Lampung (GT Natar) - Palembang (Exit GT Keramasan) : Rp280.000
  • Biaya tol dari Hotel ke Pantai (GT Kota baru - Exit GT Sidomulyo) : Rp53.500
  • Biaya tol dari Pantai ke Hotel (GT Sidomulyo - Exit Lematang) : Rp48.000
    • Notes : awalnya mau exit di GT Kota Baru, tapi karena mau jalan-jalan dulu akhirnya aku exit di GT Lematang
  • Bensin mobil : Sekitar Rp600.000 tergantung jenis mobil
      • Rp10.000/mobil,
      • Rp35.000/orang (semua usia), dibawah 5 tahun atau TB <110cm gratis
PENGELUARAN : Rp5.146.498 untuk 4 orang*
*) Belum termasuk biaya makan siang, makan malam, dan oleh-oleh